Travel Hype 1 - Colorful Autumn in Korea 2016

Assalamualaikum,

Throwback in few months before the end of 2016, I had a chance to explore this K-Pop country after a long planning and arguing *kidding :p hahahahaa. Jadi ceritanya di tahun 2015, gue keterima di pekerjaan baru yang alhamdulillah masih sampe sekarang dan seterusnya, insya allah. Disinilah gue dipertemukan dengan senior-senior sama temen-temen seangkatan yang ternyata doyan korea-koreaan juga. Jadi ternyata emang bener ya, kalo kita bakal dipertemukan dengan orang-orang yang setipe sama kita. Ya ga sih?ngerasa ga?hahahha..

So, after struggling with new environment, new office, new rules, new friends, and of course new boss, I started this journey peacefully *walau lebih sering di bully sih sebenernya :p. Dan terbesitlah keinginan kita-kita ini sebagai penggemar korea-koreaan itu buat traveling kesana. Namanya juga mimpi ya, gimana caranya biar terwujud pasti perlu pengorbanan *aseeek. Jadi, kita bikin tabungan buat liburan gitu, dan tetep sih gue pasti yang kena tumbal jadi pengepulnya. Pokoknya setiap kita punya duit kita nabung, gitu seterusnya sampai hari yang dinantikan tiba. Disini gue bakal rangkum problem and solving pengalaman ngetrip ini.

Problem 1 - Beli tiket pesawat PP 
Jadi planning kita berangkat tgl 21 Oktober pulang tgl 28 Oktober.
Searching harga tiket via tripadvisor, yang ternyata banyak banget pilihannya. Sebenernya ada beberapa travel fair tahun 2016 yang kelewat gitu aja karena kita baru planning banget dan belum fix siapa aja yang ikut. Oh iya kita berangkat ber-10 ya.
Solving >> punya sepupu yang kebetulan kerja di maskapai terbesar di Indonesia tentunya harus dimanfaatkan. Hahahahaha, peace Mba Dit. Finally, beli tiket promo yang memang bisa promo kalo perginya min. 10 orang.

Problem 2 - Akomodasi/Penginapan
Kita ngelakuin sesuatu yang sebenernya traveller must not do this before they have ticket in their hands. Sebelum beli tiket kita udah booking penginapan dari hasil rekomendasi buku tips travelnya Claudia Kaunang.
Solving >> Booking langsung via web dan langsung chat ke owner guesthouse nya biar dapet kamar yang muat buat ber-10. Kita nginep di Hongdae Guesthouse , kalo di airbnb kita bisa bilang host nya Super Host. Keren banget deh.

Problem 3 - Itinerary
The most confusing things pas traveling itu sebenernya bukan pas travelingnya tapi pas planningnya. Apalagi terkait tiap harinya kita mau kemana aja. Yes, we're a backpacker tapi tetep bawa koper :p Karena kita ga pake agen travel atau semacamnya, bikin itinerary is a must. Sebagai first timer ke Korea, udah pasti mau ke tempat-tempat mainstream nya turis-turis.
Solving >> minta pendapat temen-temen mau kemana aja. Trus kita kelompokkin jadi per wilayah gitu biar 1 hari jalan dapet banyak tempat dan realistis sih yang pasti. Kayak kita harus pulang jam berapa biar tetep dapet subway, atau 1 hari nya dibatesin berapa tempat gitu biar ga terlalu capek.

Problem 4 - Bikin Visa
Buat apply visa korea sebenernya gampang tinggal unduh formnya di web Korea Embassy trus lengkapin persyaratan dan dateng kesana.
Solving >> berhubung gue dan temen-temen gue ini anaknya sok sibuk *hahahaha jadi kita serahkan pengurusannya ke travel agent. Emang ga mahal?? bedanya ga terlalu jauh kok sama kalo ngurus sendiri, ditambah mesti izin seharian buat ngurus ke embassy nya. Jadi, it depends with your need and time.

Jadi, kurang lebih persiapan buat traveling ini tuh hampir setahun. Mulai dari ngobrol-ngobrol pengen kesana doang, akhirnya niat, trus bikin tabungan, trus cari-cari referensi, trus ada sedikit drama kekeluargaan :p , dan akhirnya berangkatlah kita ke negeri gingseng.


@ Gyeongbokgung Palace 

@ Nami Island

@ Hongdae Guesthouse (with the Super Host, Mary, the owner)



@ Namsan Tower (after 1,5 hours walking from Gyeongbokgung)









@ Bukchon Hanok Village

Thanks to these girls who can make this trip come true. It was just like a dream that we made it. Yeaay. Hope we can have a journey like this again to another beautiful country. Amiiiin...


So which of the favors of your Lord would you deny? (QS. 55 : 13)


Travel a lot so you can see the beauty that Allah SWT have been created and be grateful.

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ - 55:13  


فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ - 55:13

Komentar

Postingan Populer